Backlink
Apa itu Backlink?
Backlink (juga dikenal sebagai “inbound link”, “link masuk” atau “one way link”) adalah link dari satu situs web ke halaman di situs web lain. Google dan mesin pencari utama lainnya menganggap backlink “suara” untuk halaman tertentu. Halaman dengan jumlah backlink yang tinggi cenderung memiliki peringkat mesin pencari organik yang tinggi.
Misalnya, berikut adalah tautan dari Forbes ke situs web saya.
Mengapa Backlink Itu Penting?
Dan Google telah mengkonfirmasi bahwa backlink tetap menjadi salah satu dari tiga faktor peringkat mesin pencari terpenting mereka.
Apa jenis backlink yang berharga?
Trait #1: Mereka Berasal dari Situs Web tepercaya dan berwibawa
Konsep ini dikenal sebagai “Otoritas Domain”. Pada dasarnya, semakin banyak otoritas yang dimiliki situs, semakin banyak otoritas yang dapat diteruskan ke situs Anda (melalui tautan).
Misalnya, berikut adalah tautan yang saya dapatkan dari TechCrunch.
Menurut Ahrefs, TechCrunch adalah domain yang sangat otoritatif.
Karena tautan itu berasal dari situs otoritas, Google memberi banyak bobot di atasnya. Bahkan, saya melihat dorongan dalam lalu lintas mesin pencari organik saya tepat setelah TechCrunch terhubung dengan saya.
Apakah link ini sulit untuk mendapatkan? Pasti.
Apakah mereka layak? Sama sekali.
Trait #2: Mereka Menyertakan Kata Kunci Target Anda Dalam Teks Jangkar Tautan
Sebagai pengingat, anchor text adalah bagian teks yang terlihat dari link.
Trait #3: Situs (dan Halaman) yang Terhubung dengan Anda Terkait Secara Topikal dengan Situs Anda
Trait #4: Link Adalah Link “Dofollow”
- Komentar blog
- Siaran pers
- Iklan berbayar
Trait #5: Tautan Berasal dari Domain yang Belum Terhubung dengan Anda Sebelumnya
Atau dengan kata lain:
Biasanya lebih baik untuk mendapatkan 100 tautan dari 100 situs web yang berbeda dari 1.000 tautan dari situs web yang sama.
Bahkan, studi korelasi peringkat mesin pencari kami menemukan bahwa jumlah situs yang terhubung dengan Anda (bukan jumlah total backlink) berkorelasi dengan peringkat Google lebih dari faktor lainnya.
Sekarang setelah Anda melihat jenis backlink apa yang paling membantu untuk peringkat Google Anda, saatnya bagi saya untuk menunjukkan kepada Anda cara mulai membangunnya.
Praktik Terbaik
Membuat Aset yang Dapat Ditautkan
Jika Anda ingin orang menautkan ke situs web Anda, Anda memerlukan sesuatu di situs Anda yang layak ditautkan.
(Juga dikenal sebagai “Aset yang Dapat Ditautkan”).
Aset yang Dapat Ditautkan dapat berupa posting blog, video, perangkat lunak, kuis, survei, dan survei, dan … Pada dasarnya apa pun yang orang ingin link ke.
Dalam kebanyakan kasus, aset yang dapat ditautkan Akan menjadi konten yang luar biasa (itulah sebabnya optimisasi mesin pencari dan pemasaran konten sangat terkait erat).
Misalnya, ketika saya pertama kali memulai blog saya, saya menerbitkan daftar 200+ faktor peringkat Google ini.
Suatu hari saya membaca bahwa Google menggunakan 200 sinyal peringkat. Yang membuat saya penasaran: “Apa 200 sinyal ini?”.
Tentu saja, Google tidak akan mengumumkannya kepada dunia. Jadi saya mulai menyusun pernyataan dari Google dan paten yang saya temukan online.
Menyusun 200 faktor ini sangat memakan waktu (butuh waktu lebih dari 2 minggu). Tetapi pada akhirnya, saya akhirnya menyusun daftar 200 faktor peringkat yang mungkin digunakan Google dalam algoritma mereka.
Hingga saat ini, konten tunggal ini telah menghasilkan lebih dari 25.800 backlink dari 5.870 domain.
(Sesuatu yang sebagian besar konten lain tentang topik ini tidak dimiliki)
Meskipun posting ini belum menghasilkan jumlah tautan yang hampir sama dengan posting Google Ranking Factors saya, itu masih mengumpulkan beberapa backlink.
Membangun Backlink dari Link Roundups
Bayangkan jika orang menerbitkan posting blog dengan tujuan tunggal menghubungkan ke konten berkualitas.
(Jenis konten berkualitas yang sudah Anda publikasikan di situs Anda)
Ini akan sangat bagus, kan?
Untungnya, itu hal yang nyata. Dan mereka disebut link roundups.
Link roundups adalah posting blog harian, mingguan atau bulanan yang terhubung ke konten yang luar biasa.
Berikut adalah proses langkah demi langkah.
- Temukan Roundup Tautan Di Niche Anda: Gunakan string pencarian di pencarian Google, seperti “Kata Kunci” + “roundup tautan”.
- Pitch Sumber Daya Anda: (Lembut) menyarankan bahwa mereka termasuk aset linkable Anda untuk roundup.
Dan jika posting Anda cocok untuk roundup orang itu, Anda akan mendapatkan tautan berkualitas tinggi.
(Mereka juga dapat membagikan konten Anda di media sosial)
Gunakan Metode Moving Man
Berikut adalah proses 3 langkah:
- Pertama, Anda menemukan halaman web, sumber daya atau bisnis yang sudah usang, diganti namanya atau baru-baru ini berganti nama.
- Kemudian, temukan situs yang masih terhubung ke sumber daya usang ini.
- Akhirnya, Anda mengirim email kepada orang-orang untuk memberi tahu mereka bahwa mereka menautkan ke sesuatu yang sudah ketinggalan zaman.
Mari saya tunjukkan bagaimana ini bekerja dengan contoh kehidupan nyata …
Beberapa waktu yang lalu saya membaca bahwa situs web untuk situs web agen SEO besar tiba-tiba ditutup.
Ini berarti bahwa/itu mereka memiliki banyak halaman di situs mereka yang tidak berfungsi lagi …
… halaman yang masih banyak orang tautkan.
Secara khusus, saya perhatikan bahwa infografis tentang SEO di situs mereka tidak berfungsi lagi. Yang sempurna, karena saya baru saja menerbitkan infografis saya sendiri yang berfokus pada SEO.
Jadi itu adalah langkah pertama.
Selanjutnya, saya harus melihat siapa yang benar-benar terkait dengan infografis itu.
Terakhir, saya mengirim email kepada semua orang yang terhubung ke infografis untuk memberi tahu mereka bahwa gambar itu tidak berfungsi lagi. Saya juga memberi tahu mereka bahwa infografis saya akan menjadi pengganti yang bagus untuk BlueGlass.
Broken Link Building
Strategi ini mirip dengan Metode Moving Man yang baru saja Anda pelajari.
Perbedaannya adalah bahwa dengan membangun tautan yang rusak, Anda hanya mencari halaman yang memiliki 404 kesalahan.
Untuk menemukan 404 tautan ini, Anda ingin fokus pada halaman sumber daya di niche Anda. Jadi jika Anda berada di ceruk kebugaran, Anda akan mencari di Google menggunakan string pencarian ini:
“kebugaran” + “halaman sumber daya”
“kebugaran” + “sumber daya”
“kebugaran” + “situs yang direkomendasikan”
“kebugaran” + “link”
Anda akan menemukan halaman seperti ini.
Sekarang Anda dapat mengirim email kepada pemilik situs dan meminta tautan. Tapi saya telah menemukan bahwa mengemis tidak bekerja dengan baik.
Sebaliknya, biarkan pemilik situs tahu tentang tautan rusak yang Anda temukan.
Anda dapat dengan mudah menemukan tautan yang rusak di halaman mana pun. Cukup gunakan Ekstensi Chrome Check My Links yang bagus.
Guest Posting / Postingan Tamu / Content Placement
Apakah guest posting berdampak buruk ke website kita?
Tidak juga.
Bahkan, ketika Anda pertama kali memulai, blogging tamu adalah salah satu cara TERBAIK untuk mendapatkan tautan ke situs Anda.
Bahkan, ketika saya pertama kali memulai alber.id, saya menulis lebih dari 50 posting tamu dan wawancara dalam 12 bulan!
Dan tautan yang saya dapatkan dari posting tamu pasti memberi dorongan lalu lintas organik saya.
Yang mengatakan, saya sangat strategis tentang hal-hal. Saya memastikan untuk hanya menulis posting tamu untuk situs berkualitas di niche saya.
Jadi jika Anda menjalankan situs tentang Diet Paleo, dan menulis posting tamu di situs tentang iPhone, itu akan terlihat spam ke Google.
Tetapi ketika Anda menulis posting tamu yang menakjubkan untuk situs web berkualitas di industri Anda, tautan tersebut membantu.
Masalahnya, menemukan tempat untuk posting tamu bisa menjadi sesuatu yang SANGAT BESAR.
Tapi ada cara yang lebih mudah…
Berikut cara kerjanya:
Pertama, temukan seseorang di industri Anda yang menulis banyak posting tamu.
Akhirnya, pop URL screenshot yang ke Google reverse image search.
Dan Anda akan mendapatkan daftar tempat yang menerbitkan posting tamu.
Nah, itulah sedikit ulasan tentang Backlink, semoga bermanfaat.