Jika Anda tidak mendengar suara atau mendengar suara terdistorsi dari speaker iPhone, iPad, atau iPod touch
Jika Anda tidak dapat mendengar suara seseorang dengan jelas, mendengar bunyi berderak, mendengar bunyi statis, atau mengalami masalah dengan kualitas suara, ketahui tindakan yang dapat dilakukan.
Memeriksa pengaturan suara
Jika perangkat dilengkapi tombol Dering/Hening, geser tombol ke depan ke arah layar perangkat, sehingga tidak muncul warna oranye. Jika Anda menggunakan iPad, gesek ke bawah dari sudut kanan atas untuk menampilkan Pusat Kontrol dan pastikan Mode Hening dimatikan.
Buka Pengaturan > Fokus > Jangan Ganggu, lalu pastikan Jangan Ganggu dimatikan.
Membersihkan penerima dan speaker
Lepas semua pelindung layar, lapisan film, atau casing dari perangkat. Periksa lubang speaker untuk melihat apakah tersumbat atau kotor. Khusus untuk iPhone, pastikan penerima tidak tersumbat atau kotor. Jika perlu, bersihkan lubang speaker atau penerima dengan sikat kecil berbulu halus. Pastikan sikat tersebut bersih dan kering.
Memeriksa suara pada perangkat
Buka Pengaturan > Bunyi (atau Pengaturan > Bunyi & Haptik), lalu tarik penggeser Dering dan Peringatan maju dan mundur beberapa kali. Jika Anda tidak mendengar suara apa pun atau jika tombol speaker pada penggeser Dering dan Peringatan redup, speaker mungkin perlu diservis. Hubungi Dukungan Apple untuk iPhone, iPad, atau iPod touch.
Mencoba melakukan panggilan
Jika mendengar bunyi, coba lakukan panggilan dengan iPhone Anda, lalu nyalakan speaker. Di iPad atau iPod touch, lakukan panggilan dengan FaceTime. Jika masih tidak dapat mendengar, atau mendengar bunyi statis ataupun berderak, mungkin masalahnya terdapat pada jaringan atau sinyal Anda. Coba lakukan panggilan lagi di lain waktu atau dari lokasi lain.
FaceTime tidak tersedia di semua negara atau wilayah.