Cara Mudah Booking Kirim Paket di Kantorpos

Ilustrasi Ketika mau kirim paket pernahkah anda merasa kesal menunggu antrian lama di loket kantorpos? Kesal melihat petugas loket kantorpos mengentry satu-persatu kiriman? Tidak perlu khawatir sekarang kantorpos sudah menyediakan menu booking kirim paket. Ternyata …

Ilustrasi

Ketika mau kirim paket pernahkah anda merasa kesal menunggu antrian lama di loket kantorpos? Kesal melihat petugas loket kantorpos mengentry satu-persatu kiriman? Tidak perlu khawatir sekarang kantorpos sudah menyediakan menu booking kirim paket. Ternyata booking tidak hanya berlaku untuk beli tiket pesawat, kereta api dan sebagainya tapi kirim barang atau paket di kantorpos juga bisa booking.

Di kantorpos layanan booking kirim barang/paket diberi nama Pos Order Number (PON). Yaitu merupakan aplikasi untuk pelanggan Pos Indonesia yang ingin melakukan pemesanan transaksi pengiriman surat atau paket sebelum mengeposkannya di Kantorpos. Pada aplikasi ini pelanggan dapat melakukan sendiri entri data pengirimannya. Apabila pelanggan telah memiliki PON, petugas loket Kantorpos tidak perlu mengentri seluruh data kiriman. Petugas loket Kantorpos hanya cukup mengentri kode PON-nya saja dan memeriksa kesesuaian antara data yang dientri oleh pelanggan dengan kirimannya. Dengan demikian waktu tunggu di loket Kantorpos akan lebih efisien.
Dengan demikian manfaat PON bagi pelanggan adalah bisa mengurangi waktu antrian, selain itu data kiriman bisa lebih valid karena entry dilakukan sendiri oleh pelanggan.

Cara mudah untuk booking kirim paket di kantorpos silahkan ikuti pentunjuk praktis berikut ini:

1. Buka internet dan akses web Pos Indonesia di https://www.posindonesia.co.id akan tampil menu utama website official Pos Indonesia

Tampilan web official Pos Indonesia

2. Selanjutnya klik menu Pos Order dan akan muncul tampilan berikut

3. Jika anda belum pernah melakukan registrasi silahkan klik DAFTAR selanjutnya akan muncul tampilan

4. Setelah semua diisi dengan benar seluruh data yang diminta dalam formulir pendaftaran, contreng dan simpan

5. Selanjutnya buka email konfirmasi dan data password akan dikirimkan melalui email anda, untuk aktivasi akun silahkan klik link yang diberikan pada email tersebut.

6. Lanjutkan dengan login dengan memasukkan email dan password anda

7. Setelah login akan muncul tampilan berikut:

– Contreng jika anda ingin menggunakan alamat profil anda, jika ingin menggunakan alamat lain jangan dicontreng
– Menu segmentasi pilih salah satu sesuai dengan kiriman anda, yaitu kiriman individu, e commerce, government, UMKM atau korporasi
– Isikan data penerima dengan benar
– Isikan data berat dan harga kiriman dengan benar
– Tulis kode keamanan dan centrang tanda persetujuan syarat dan ketentuan
– Klik cek tarif

8. Selanjutnya akan muncul daftar tarif, klik order jenis layanan yang akan anda gunakan

9. Untuk melihat data order anda silahkan klik menu Order, klik Daftar Order selanjutnya muncul tampilan daftar order anda berikut

10. Tulis ID Order  pada kiriman atau paket Anda

Petugas loket kantorpos tidak perlu lagi melakukan entry data paket, cukup hanya memeriksa apakah data di sistem telah sesuai dengan faktual.

Cukup mudah bukan? Mulai sekarang jangan lupa manfaatkan fasilitas booking kirim paket di kantorpos.

Artikel terkait

  1. Cara kirim sepeda motor di kantorpos
  2. Cara mengajukan klain ganti rugi di kantorpos
  3. Cara kirim barang elektronik di kantorpos