Lоwоngаn Kerja PT Pertamina Training & Cоnѕultіng Januari 2023 – PT Pеrtаmіnа Training & Cоnѕultіng mеruраkаn аnаk реruѕаhааn dаrі PT Pertamina (Persero) yang mеmfоkuѕkаn dіrі pada реngеmbаngаn sumber daya mаnuѕіа mеlаluі jаѕа реlаtіhаn, kоnѕultаѕі dan manajemen humаn саріtаl ѕеbаgаі solusi.
Lоwоngаn Kеrjа PT Pеrtаmіnа Trаіnіng & Cоnѕultіng Terbaru 2023
- Pria/Wanita.
- Pendidikan minimal S1 sarjana Teknik dengan teknik Civil/process/Mesin /Electrical/Engineering Physic
- Minimal memiliki 5 tahun pengalaman dalam bidang yang sama.
- Memiliki kemampuan dan komunikasi dengan baik.
- Lokasi penempatan RIAU.
- Posisi ini sebagai Tenaga Kerja Jasa Penunjang (TKJP) PT Pertamina Training and Consulting.
- Wajib mengupload CV
- Koordinator untuk pekerjaan RUR dan Matting Board untuk area Selatan (Minas & Petko).
- Pria/Wanita.
- Pendidikan minimal D3/S1 semua jurusan.
- Memiliki pengalaman minimal 3 tahun dalam bidang yang sama.
- Memiliki pengalaman minimal 2 tahun dalam bidang bidang administrasi atau dalam bidang yang sama.
- Memiliki kemampuan komunikasi dengan baik.
- Memiliki kemampuan yang baik di Microsoft office.
- Lokasi penempatan RIAU.
- Posisi ini sebagai Tenaga Kerja Jasa Penunjang (TKJP) PT Pertamina Training and Consulting.
- Catatan : wajib mengupload CV
- Mendukung kegiatan advokasi dan keterlibatan dengan Pemerintah Indonesia (KLHK, Ditjen Migas, SKK Migas) terkait remediasi untuk persetujuan, perizinan, dan pelaporan.
- Melakukan penyerahan surat dan dokumen kepada Pemerintah Indonesia dan mengelola repositori terkait, termasuk melakukan koordinasi internal terlebih dahulu.
- Mendukung perencanaan anggaran dan pelaporan Pengeluaran.
- mendukung persiapan dan membantu melaksanakan kegiatan workshop/FGD/atau kegiatan bersama GOI dan GOI Visit
- Melakukan dan mengelola pekerjaan administrasi, barang kantor, rapat tim, dll.
- Pria/Wanita.
- pendidikan minimal D3 dengan pengalaman kerja 5 tahun atau S1 dengan pengalaman kerja minimal 3 tahun di bidang Upstream Oil & Gas
- Memiliki literasi komputer dan sistem informasi dengan cakap seperti: MS Office, aplikasi ERP (SAP atau
- sejenisnya), dll.
- Memiliki kemampuan analisis data baik dengan menggunakan sistem Database ataupun aplikasi PC tersendiri
- Lokasi Penempatan Riau.
- Posisi ini sebagai Tenaga Kerja Jasa Penunjang (TKJP) PT Pertamina Training and Consulting
- Catatan : Wajib mengupload CV
- menetapkan pembuatan perencanaan keamanan untuk kegiatan operasi dan dapat dijalankan di lingkungan yang aman
- melakukan pengamanan personal dan aset dan mereview resiko dengan kordinasi internal bersama sistem keamana
- mendukung Peninjauan jaminan kualitas keamanan posport (SSP) bersama dengan Manajer Area Keamanan untuk mendukung kegiatan proyek yang aman dan terjamin
- Pria/Wanita.
- Pendidikan minimal S1 Teknik Elektro
- Pengalaman kerja minimal 13 tahun di proyek pembangunan infrastruktur pembangkit tenaga listrik dan jaringan transmisi distribusi listrik
- Memiliki kemampuan analisa engineering dan desain serta keahlian untuk membuat dan menggunakan sarana prasarana penunjang teknis seperti gambar desain kelistrikan, gambar kontruksi, aplikasi perhitungan distribusi beban, dll.
- Memiliki kemampuan untuk berkomunikasi, menyusun proposal proyek, penayangan dan juga berkoordinasi antar fungsi
- Diutamakan pernah bekerja di wilayah kerja Rokan.
- Lokasi penempatan Riau.
- Posisi ini sebagai Tenaga Kerja Jasa Penunjang (TKJP) PT Pertamina Training and Consulting
- Catatan : Wajib mengupload CV
- Melakukan pelingkupan awal proyek baru sebagai project engineer (proses): desain konseptual, simulasi proses, perlengkapan ukuran awal.
- konstruksi Basis of Design (BOD) Process untuk digunakan dalam pekerjaan pre-FEED/FEED.
- Bekerja sama dengan cost engineer untuk menyiapkan estimasi biaya di Tahap Inisiasi – Seleksi – Kajian Lanjut.
- Melakukan scoping awal proyek sebagai project engineer (elektrikal): desain konseptual, ukuran awal, estimasi biaya.
- mencapai lingkup pekerjaan (project management/elektrikal) untuk pekerjaan pre-FEED/FEED/DED dan Eksekusi.
- Melakukan aktifitas engineering design sebagai project engineer (elektrikal) untuk tahapan Pre-FEED, FEED dan Detail Design bersama engineering company (internal atau external) termasuk namun tidak terbatas pada fasilitas kelistrikan, baik untuk fasilitas baru, refurbishment, facilitas improvement lainnya.
- Bekerja sama dengan tim Layanan Bisnis untuk menyiapkan kebutuhan kontrak dari proyek baik untuk rekayasa dan eksekusi.
- Mencatat dan melakukan tahap inisiasi, seleksi dan tahapan lanjutan dari proyek ke Steering Committee/Regional/SHU ataupun Persero
- Pria/Wanita.
- Pendidikan minimal setara S1
- S1 dengan pengalaman kerja minimal 5 tahun.
- Pengalaman kerja di bidang Upstream Oil & Gas sebagai
- Kordinator atau Project Manager merupakan nilai tambah (preference).
- Memahami pengetahuan di bidang pengamanan.
- Memiliki pengetahuan tentang pembuatan kontrak dan eksekusinya.
- Memiliki literasi komputer dan sistem informasi dengan kemampuan : MS Office, dll
- Lokasi penempatan JAKARTA.
- Posisi ini sebagai Tenaga Kerja Jasa Penunjang (TKJP) PT Pertamina Training and Consulting
- Catatan : Wajib mengupload CV
- Merancang, mempersiapkan dan mengembangkan strategi kontrak keamanan.
- Mengkoordinasikan dan mengelola model dan program layanan keamanan / outsourcing untuk kontrak keamanan IBU bekerja sama dengan SCM, operasi keamanan dan tim terkait lainnya
- Pria/Wanita.
- Pendidikan minimal setara S1/D3
- S1 dengan pengalaman kerja minimal 5 tahun.
- D3 dengan pengalaman kerja 5 tahun, atau S1 dengan pengalaman kerja minimal 3 tahun di bidang Upstream Oil & Gas
- Memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi dan mengkordinasi.
- Memahami pengetahuan di bidang pengamanan
- Lokasi Penempatan Riau
- Posisi ini sebagai Tenaga Kerja Jasa Penunjang (TKJP) PT Pertamina Training and Consulting
- Catatan : Wajib mengupload CV
- MenJalankan hubungan strategis dengan masyarakat, pemangku kepentingan, dan masyarakat sekitar
- Mengkoordinasikan kegiatan pelibatan pemangku kepentingan, pendidikan dan sosialisasi kesadaran keamanan
- Memantau keterlibatan pemangku kepentingan dan berkolaborasi untuk peningkatan berkelanjutan
- Pria/Wanita.
- pendidikan minimal D3 dengan pengalaman kerja 5 tahun atau S1 dengan pengalaman kerja minimal 3 tahun di bidang Upstream Oil & Gas
- Memiliki literasi komputer dan sistem informasi dengan cakap seperti: MS Office, aplikasi ERP (SAP atau
- sejenisnya), dll.
- Memiliki kemampuan analisis data baik dengan menggunakan sistem Database ataupun aplikasi PC tersendiri
- Lokasi Penempatan Riau
- Posisi ini sebagai Tenaga Kerja Jasa Penunjang (TKJP) PT Pertamina Training and Consulting
- Catatan : Wajib mengupload CV
- menetapkan pembuatan perencanaan keamanan untuk kegiatan operasi dan dapat dijalankan di lingkungan yang aman
- melakukan pengamanan personal dan aset dan mereview resiko dengan kordinasi internal bersama sistem keamana
- Mendukung Peninjauan Jaminan Kualitas Keamanan Posportasi (SSP) bersama dengan Manajer Area Keamanan untuk mendukung kegiatan proyek yang aman dan terjamin
- Pria/Wanita.
- Minimal lulusan S1 jurusan Teknik, Komunikasi, Ekonomi, social, kesehatan masyarakat.
- Memiliki pengalaman Minimal 4 tahun dalam bidang HSSE Analyst dan dokumen control
- Memiliki pemahaman terkait Peraturan Pemerintah di bidang keselamatan
- berkemampuan berkomunikasi dengan berbagai pihak
- memiliki Kemampuan membuat presentasi & laporan
- memiliki Kemampuan mengetahui proses/tata kerja dan dokumen control.
- Lokasi Penempatan DURI.
- Posisi ini sebagai Tenaga Kerja Jasa Penunjang (TKJP) PT Pertamina Training and Consulting
- Note : Wajib mengupload CV
- Memastikan Kepatuhan terhadap peraturan pemerintah untuk sertifikasi personel dan peralatan
- Membuat Laporan pelaksanaan PDKB yang ditujukan kepada Pemerintah dan Pimpinan Pertamina
- Mereview dokumen guna mendapatkan persetujuan dari Pimpinan
- Mengatur agenda atau acara yang berkaitan dengan keselamatan dan operasional
- Melaksanakan dokumen kontrol
- Pria/Wanita
- Minimum D3/S1 Jurusan Teknik
- Memiliki pengalaman minimal kurang lebih 5 tahun
- Memiliki pengalaman pekerjaan di bidang perbaikan alat-alat berat , diutamakan di bidang otomotif, alat angkat , earthmoving dan DIESEL engineer
- Memiliki kemampuan dalam Dismantling Inspoection Failure Analysis/ Root Cause Analys, Miantenance Management
- Terampil dalam penggunaan aplikasi komputer mendalam seperti MSOffice (PowerPoint, Word, Excel)
- Lokasi Penempatan DURI
- Posisi ini sebagai Tenaga Kerja Jasa Penunjang (TKJP) PT Pertamina Training and Consulting
- Catatan : wajib mengupload CV
- Menyempurnakan kegiatan rutin/operasional di shop Heavy equipment
- Melakukan verifikasi dan validasi serta QA/QC pekerjaan dari Mitra Kerja yang melakukan perbaikan heavy equipment
- Melakukan analisa/kajian kemudian memberikan rekomendasi/usulan perbaikan yang berkelanjutan
- Pria/Wanita
- Minimum D3/S1 Jurusan Teknik, Ilmu Komputer, Sains (Matematika, Fisika, Kimia).
- Memiliki pengalaman minimal kurang lebih 5 tahun
- memiliki pengalaman dibidang Maintenance (Electrical) Foreman/Spv.
- memiliki pengalaman di bidang Electrical Engineer, esp : Design of power distribution, distribution panel & control panel and motor selection
- Memiliki kemampuan Analisis Teknis. Perangkat lunak rekayasa.
- Terampil dalam penggunaan aplikasi komputer mendalam seperti MSOffice (PowerPoint, Word, Excel)
- Lokasi Penempatan DURI
- Posisi ini sebagai Tenaga Kerja Jasa Penunjang (TKJP) PT Pertamina Training and Consulting
- Note : wajib mengupload cv
- Menyempurnakan kegiatan rutin/operasional di shop Heavy equipment
- Melakukan verifikasi dan validasi serta QA/QC pekerjaan dari Mitra Kerja yang melakukan perbaikan heavy equipment
- Melakukan analisa/kajian kemudian memberikan rekomendasi/usulan perbaikan yang berkelanjutan.
- Pria/Wanita.
- Lulusan minimal S1 diutamakan geologi, geofisika, teknik perminyakan
- Pengalaman kerja minimal 10 tahun dalam bidang migas, diutamakan di bidang karakterisasi reservoir, pengembangan
- lapangan dan optimisasi reservoir.
- Memiliki Pemahaman tentang analisis Petrofisika dan penggunaan aplikasi petrofisika (Geolog) menjadi nilai tambah.
- Lokasi Penempatan RUMBAI.
- Posisi ini sebagai Tenaga Kerja Jasa Penunjang (TKJP) PT Pertamina Training and Consulting
- Catatan : wajib mengupload CV
- Membuat analisis, kajian, maupun kajian secara mendalam dan komprehensif serta memberikan rekomendasi/masukan yang bersifat kritikal terkait analisis petrofisika untuk karakterisasi reservoir dalam mendukung pengambilan keputusan pengembangan aset WK Rokan.
- Pria/Wanita.
- S1 Sarjana Teknik
- Pengalaman kerja minimal 5 tahun.
- Memiliki pengalaman di bidang melakukan Penilaian RBI.
- Terbiasa dengan inspeksi dan integritas peralatan.
- Dapat bekerja dalam tim.
- Lokasi Penempatan Riau.
- Posisi ini sebagai Tenaga Kerja Jasa Penunjang (TKJP) PT Pertamina Training and Consulting
- note: wajib mengupload CV
- Mendukung Major Repair Program dan Program Analisa berbasis resiko untuk peralatan statis dan struktural
- Pria atau Wanita.
- Pendidikan minimal S1 Teknik, Ilmu Komputer, MIPA
- Minimal memiliki pengalaman kerja 10 tahun di bidang proyek, pengendalian proyek, jadwal pembuatan dan rencana proyek serta melakukan pengendalian proyek pada proyek fasilitas penanganan minyak & gas petrokimia.
- Memiliki pengetahuan yang mendalam mengenai pelaksanaan kontruksi, perencanaan, pembuatan jadwal proyek, pengendalian proyek.
- Memiliki kemampuan pengoperasian perangkat lunak yaitu Primavera Schedule dan MS Project Schedule.
- Memiliki kemampuan keterampilan yang tinggi untuk fasilitasi, kordinasi dan networking.
- Jika Memiliki pengalaman kerja di WK Rokan menjadi nilai plus.
- Lokasi Penempatan di Kantor Riau.
- Posisi ini sebagai Tenaga Kerja Jasa Penunjang (TKJP) PT Pertamina Training and Consulting
- Berkoordinasi dengan tim-tim di MCP dan di luar MCP dalam melaksanakan Perencanaan Jasa-jasa dan penjadwalan proyek secara rinci serta pengelolaan portofolio untuk proyek-proyek Perusahaan termasuk tetapi tidak terbatas pada: pembuatan dan pembaharuan jadwal proyek (sampai level-4), bekerja sama dengan tim pengendalian proyek Perusahaan dan Kontraktor Konstruksi untuk membuat dan memperbaharui jadwal induk (sumber daya dimuat, berbasis WBS), bantuan jalur kritis pada jadwal proyek, dan lain-lain.
- Berkoordinasi dengan tim-tim di MCP dan di luar MCP dalam melaksanakan Jasa-jasa estimasi & pengendalian proyek untuk proyek-proyek Perusahaan baik di tingkat individu atau portoflio yang harus termasuk tetapi tidak terbatas pada: perkiraan biaya, pengendalian proyek, dan memberikan rekomendasi-rekomendasi kepada Perusahaan, dll.
- pemantauan biaya konstruksi untuk proyek yang dikerjakan oleh Kontraktor Konstruksi dan pengawasan oleh Kontraktor. Ini termasuk dalam penyediaan biaya akrual bulanan untuk Kontraktor Konstruksi dan Kontraktor.
- berkoordinasi dengan cost engineer yang ada di Tim MCP / ECD untuk membantu dan membimbing bayangandalam mengembangkan dan memelihara proses- proses dan prosedur – prosedur potret yang terkait dengan estimasi, perencanaan, penjadwalan, dan pengendalian biaya.
- Pria atau Wanita
- Pendidikan minimal S1 Teknik atau Sains.
- Memiliki pengalaman 12 tahun dibidangnya dengan Minimal memiliki pengalaman kerja 5 (lima) tahun memimpin tim / gugus / setara di Fungsi K3LL / HES pada proyek atau fasilitas penanganan minyak dan gas, petrokimia, pertambangan atau insdustri lainnya.
- mengetaui pengetahuan yang luas mengenai pengelolaan dan prosedur K3LL termasuk pengetahuan terhadap peraturan pemerintah dan standar-standar yang terkait
- Kandidat harus memiliki pengetahuan yang luas tentang perizinan lingkungan seperti AMDAL, Pertek, dan izin-izin lain yang terkait.
- Kandidat harus memiliki keterampilan yang tinggi untuk fasilitasi & koordinasi, berjejaring, dan mampu berkolaborasi dengan tim terkait
- Diutamakan kandidat yang juga memiliki pengetahuan dan pengalaman terhadap sertifikasi personel dan peralatan operasi Migas (COI dan PLO)
- Kandidat harus memiliki keahlian manajemen yang baik dan mampu membuat rencana kerja terstruktur dengan baik
- Kandidat harus memiliki kecakapan dalam komunikasi dan penyajian yang baik.
- Bersedia untuk bekerja di lapangan.
- Lokasi Penempatan di Kantor DURI.
- Posisi ini sebagai Tenaga Kerja Jasa Penunjang (TKJP) PT Pertamina Training and Consulting.
- Wajib Mengupload CV
- Memimpin, merencanakan, mengkoordinasikan, mengelola, kajian tentang AMDAL dan Pertek, menyusun dokumen-dokumen teknis untuk pengajuan Pertek dan Persetujuan Lingkungan serta memantau proses evaluasi dan persetujuan dari fungsi internal Pertamina serta fungsi Pemerintah terkait sesuai peraturan yang berlaku.
- Memimpin, merencanakan, mengkoordinasikan, mengelola, memonitor, dan mengevaluasi pelaksanaannya program HSE termasuk praktik di lapangan yang mendukung nihil kecelakaan dan nihil cidera serta pelaksanaannya rekomendasi terkait dengan bekerja sama dengan tim OE/HES dan tim terkait lainnya untuk memastikan kepatuhan terhadap peraturan Perusahaan dan Pemerintah .
- Memimpin, merencanakan, mengkoordinasikan, mengelola, memonitor, dan mengevaluasinya peran sebagai koordinator penyanggah yang bertanggungjawab terkait kerangka teknis diantara organisasi yang berkontrak, entitas pihak ketiga, operasi, dan grup proyek fungsional dalam rangka meminimalkan resiko pada tujuan proyek dan membantu mencapai keselamatan standar dan kehandalan Perusahaan
- Memimpin, merencanakan, mengkoordinasikan, mengelola, menyusun dokumen-dokumen teknis untuk pengajuan Izin Operasi atas fasilitas baru serta perijinan-perijinan terkait lainnya serta memonitor pelaksanaannya sesuai kondisi-kondisi perizinan yang telah diperoleh.
- Pria/Wanita.
- Pendidikan minimum S1 dengan jurusan Teknik Mesin/Industri/Sipil
- Minimum pengalaman kerja 5 – 10 tahun di proyek oil & gas, diutamakan yang sudah pernah bekerja di Wilayah Kerja Rokan.
- Mampu kemampuan business proses mapping, value stream mapping, pareto, IPO, Fish bone, FMEA, Statistic tools.
- Memiliki kemampuan untuk memfasilitasi, berkolaborasi, dan berkoordinasi dengan fungsi yang lain.
- Memiliki kemampuan soft skill dan komunikasi yang baik.
- Diutamakan memiliki sertifikasi Lean Six Sigma Green Belt.
- Sub divisi: Operation & Maintanance
- Lokasi penempatan (Pekanbaru, Riau).
- Posisi ini sebagai Tenaga Kerja Jasa Penunjang (TKJP) PT Pertamina Training and Consulting
Deskripsi Pekerjaan (Job Description) :
- Melakukan brainstorming, memiliki kemampuan kreativitas yang tinggi, mengidentifikasi masalah secara cepat dan tepat.
- Bertanggungjawab dalam melakukan report dan dokumen bisnis secara terperinci.
- Bekerjasama dengan seluruh departemen untuk mencapat target yang maksimal.
- Membuat strategi untuk mencapai kinerja yang terbaik.
- Pria/Wanita.
- Pendidikan minimal lulus Sarjana S1 jurusan Teknik Mesin dengan pengalaman kerja minimal 10 tahun di proyek pembangunan infrastruktur fasilitas mekanikal, permesinan, konstruksi baja dan pemipaan, dll.
- Memiliki kemampuan analisa engineering dan desain dalam bidang mekanikal/pipeline, struktural dan korosi serta desain serta keahlian, membuat dan menggunakan sarana prasarana penunjang teknis seperti gambar desain mekanikal, gambar kontruksi, aplikasi perhitungan pipephase atau software engineering mekanikal atau sejenisnya, dll.
- Memiliki pengalaman dan kemampuan untuk memimpin tim engineering dan manajemen proyek, menyiapkan proyek proposal dan menjalankan proses maturasi sampai ke persetujuan persetujuan proyek, termasuk pemahaman keekonomian dan risiko proyek.
- Memiliki kemampuan berkomunikasi dan berkoordinasi antar tim proyek dan fungsi pendukung proyek
- Diutamakan pernah bekerja di wilayah kerja Rokan
- Lokasi penempatan (Riau).
- Posisi ini sebagai Tenaga Kerja Jasa Penunjang (TKJP) PT Pertamina Training and Consulting
Deskripsi Pekerjaan (Job Description) :
- Membantu Manajer Proyek/TL. Engineering untuk memimpin dan mengkoordinasi kegiatan-kegiatan engineering untuk tahapan inisiasi, seleksi, kajian lanjut dan pra eksekusi proyek serta melakukan interface dengan fungsi-fungsi pendukung proyek lainnya.
- cakupan pekerjaan untuk pekerjaan engineering antara lain pre-FEED, FEED, dan DED
- Melakukan aktifitas engineering dan desain untuk tahapan pre-FEED/FEED dan DED mandiri maupun bekerja sama dengan kontraktor engineering, termasuk namun tidak terbatas pada fasilitas kelistrikan, baik utk fasilitas baru, refurbisment, modifikasi/improvement.
- Melakukan kajian keekonomian dan risiko proyek, serta memberikan rekomendasi teknis pemilihan alternatif pelaksanaan proyek
- Membuat justifikasi, proposal pelaksanaan proyek dan pengajuan anggaran biaya
- Bekerja sama dan mengkoordinasikan fungsi pendukung proyek untuk membuat biaya dan jadwal pelaksanaan proyek termasuk menyiapkan kebutuhan kontrak untuk pelaksanaan proyek pada tahapan rekayasa dan eksekusi
- pengumpulan dokumen-dokumen proyek dan melakukan pelaporan pada proses PUDW tahapan inisiasi, seleksi dan kajian lanjut dari proyek ke manajemen, reviewer di tingkat regional, SHU/Persero
- Pria/Wanita.
- Pendidikan minimal lulusan S1 jurusan Teknik Elektro dengan pengalaman kerja minimal 10 tahun di proyek pembangunan infrastruktur pembangkit tenaga listrik dan jaringan transmisi distribusi listrik.
- Memiliki kemampuan analisa engineering dan desain serta keahlian untuk membuat dan menggunakan sarana prasarana penunjang teknis seperti gambar desain kelistrikan, gambar kontruksi, aplikasi perhitungan distribusi beban, dll
- Memiliki pengalaman dan kemampuan untuk memimpin tim engineering dan manajemen proyek, menyiapkan proyek proposal dan menjalankan proses maturasi sampai ke persetujuan persetujuan proyek, termasuk pemahaman keekonomian dan risiko proyek.
- Memiliki kemampuan berkomunikasi dan berkoordinasi antar tim proyek dan fungsi pendukung proyek
- Diutamakan pernah bekerja di wilayah kerja Rokan
- Sub divisi: Proyek Modal Utama/ Pengembangan Konsep Awal.
- Lokasi penempatan Riau.
- Posisi ini sebagai Tenaga Kerja Jasa Penunjang (TKJP) PT Pertamina Training and Consulting
Deskripsi Pekerjaan (Job Description) :
- Membantu Manajer Proyek/TL. Engineering untuk memimpin dan mengkoordinasi kegiatan-kegiatan engineering untuk tahapan inisiasi, seleksi, kajian lanjut dan pra eksekusi proyek serta melakukan interface dengan fungsi-fungsi pendukung proyek lainnya.
- cakupan pekerjaan untuk pekerjaan engineering antara lain pre-FEED, FEED, dan DED.
- Melakukan aktifitas engineering dan desain untuk tahapan pre-FEED/FEED dan DED mandiri maupun bekerja sama dengan kontraktor engineering, termasuk namun tidak terbatas pada fasilitas kelistrikan, baik utk fasilitas baru, refurbisment, modifikasi/improvement.
- Melakukan kajian keekonomian dan risiko proyek, serta memberikan rekomendasi teknis pemilihan alternatif pelaksanaan proyek
- Membuat justifikasi, proposal pelaksanaan proyek dan pengajuan anggaran biayaBekerja sama dan mengkoordinasikan fungsi pendukung proyek untuk membuat biaya dan jadwal pelaksanaan proyek termasuk menyiapkan kebutuhan kontrak untuk pelaksanaan proyek pada tahapan teknik dan eksekusi.
- pengumpulan dokumen-dokumen proyek dan melakukan pelaporan pada proses PUDW tahapan inisiasi, seleksi dan kajian lanjut dari proyek ke manajemen, reviewer di tingkat regional, SHU/Persero
- Pria/Wanita
- Usia maksimal 30 tahun
- Pendidikan minimal D3 Jurusan Tehnik/ K3-FKM/ Lingkungan
- Memiliki pengalaman kerja yang sesuai dengan bidang pekerjaan
- Memiliki kemampuan analisa, komunikasi, dan problem solving yang tinggi
- Berjiwa Disiplin dan Tegas
- Memiliki pemahaman dan perencanaan yang baik dalam penanganan Keselamatan dan Kesehatan di area Kerja Proyek
- Wajib memiliki penguasaan Ms. Office dengan baik (Excel, Word, Power Point)
- Diutamakan memiliki Sertifikat Keahlian Keselamatan dan Kesehatan Kerja dari BNSP Kementerian Ketenagakerjaan atau MIGAS
- Lokasi Penempatan di Regional Sumbagsel
- Posisi ini sebagai Tenaga Kerja Penunjang Proyek (TKPP) PT Pertamina Training and Consulting
Deskripsi Pekerjaan (Job Description) :
- Melakukan monitoring dan Olah Data Program (Laporan Bulanan HSSE; PATUH; PATUH 4.0; CSMS; MWT; Insiden dan Kecelakaan; Audit Lembaga Penyalur)
- Menginput data program kerja dalam aplikasi yang telah dimiliki oleh HSSE Sumbagsel baik ataupun dalam micorosof excel;
- Membantu dokumentasi dan evaluasi dokumen pengadaan barang dan jasa;
- Membuat visualisasi trend data program kerja dalam bentuk data statistic sesuai dengan yang diminta oleh PT. Pertamina Patra Niaga;
- Membuat visualisasi hasil olah data dalam Microsoft Power Point atau program lain untuk kepentingan broadcast internal Pertamina Patra Niaga.
- Pria/Wanita.
- Minimum Pendidikan D3/S1 jurusan Teknik Mesin.
- Minimal 5 tahun Pengalaman untuk S1 Teknik Mesin dan Minimal 7 tahun pengalaman untuk D3 Teknik Mesin.
- Memiliki keterampilan pemecahan masalah dan pengoperasian turbin gas, pemeliharaan peralatan bantu turbin, pemeliharaan dan pemecahan masalah peralatan pendukung pembangkit listrik.
- Memiliki Keterampilan dan pengalaman dalam membaca dan menelusuri Process Flow Diagram (PFD), gambar P & ID dan skema dalam berbagai standar internasional (IEC, DIN, ISO, ANSI, BS).
- Memiliki keterampilan pemeliharaan dan perbaikan berbagai jenis pompa, katup, kompresor, atau peralatan berputar dan statis lainnya.
- Keterampilan aplikasi komputer lebih mendalam/advance seperti MS Office (PowerPoint, Word, Excel), Desain CAD, dan Sistem SAP (CMMS).
- Kerjasama tim dan komunikasi: bekerja secara efektif dengan rekan kerja untuk mencapai tujuan tim. Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis dalam bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.
- Memiliki Sertifikasi IATKI untuk pembangkit listrik.
- Lokasi Penempatan Duri
- Posisi ini sebagai Tenaga Kerja Jasa Penunjang (TKJP) PT Pertamina Training and Consulting
Deskripsi Pekerjaan (Job Description) :
- Maintenance Specialist akan lebih banyak mengahadapi pekerjaan dalam hal mekanik, dan kemampuan dalam pengetahuan sistem listrik dan kontrol akan menjadi keuntungan.
- Memimpin kegiatan pemecahan masalah, pengujian, dan pemeliharaan untuk Turbin Gas yang berlokasi di lapangan mengikuti semua prosedur dan peraturan keselamatan.
- Melakukan Inspeksi, Pengujian dan Overhaul untuk Turbin Gas
- Melakukan perawatan yang diperlukan berdasarkan spesifikasi OEM dan perbaiki masalah yang ada di mesin.
- Merekomendasi perubahan dan prosedur, peralatan atau material yang diperlukan untuk memelihara dan meningkatkan kinerja Turbin
- Bekerja di bawah pengawasan langsung Manajer Pemeliharaan PGT, Spesialis Pemeliharaan Turbin Gas melakukan tugas-tugas yang diperlukan dalam pemasangan, pemeriksaan dan pemeliharaan Turbin Gas dan peralatan bantu dan peralatan bantu Pembangkit Listrik seperti Pompa Sentrifugal, unit HRSG, Sistem Pendingin, Kompresor, dll.
- Sebagian besar dari penugasan kerja sehari-hari akan dikhususkan untuk penyelesaian masalah tingkat lanjut dan memastikan fasilitas perusahaan dilindungi dengan program pemeliharaan yang terperinci.
- Spesialis Pemeliharaan Pembangkit Listrik harus memimpin perbaikan Turbin Gas dan peralatan tambahan serta prosedur dan metode kerja. Hal ini harus didokumentasikan dalam ruang lingkup, jadwal, dan pekerjaan pemeliharaan preventif dan harus sesuai dengan peraturan, standar, dan pedoman keselamatan perusahaan.
- Mempunyai pengalaman untuk pekerjaan di bidang HSE atau sejenis di industri minyak dan gas bumi, minimal 8 tahun untuk lulusan D3 atau minimal 5 tahun untuk lulusan S1/D4.
- Memiliki Sertifikat AK3 Umum atau AK3 Migas yang masih berlaku (valid) dan dikeluarkan oleh Disnaker atau Migas.
- Memiliki keterampilan dan literasi komputer, minimal aplikasi Microsoft Office.
- Diutamakan pernah bekerja pada Perusahaan (PHR) melalui pihak ketiga (Kontraktor/Vendor) dengan perjanjian kerja waktu tertentu (PKWT).
- Memahami praktek kerja selamat di industri minyak dan gas bumi, seperti: Loto, Bekerja Pada Peralatan Listrik, Lifting & Rigging, Hot Work, Bekerja diketinggian, Bekerja diruang terbatas, Penggalian dan sejenis.
- Lokasi penempatan Duri
- Posisi ini sebagai Tenaga Kerja Jasa Penunjang (TKJP) PT Pertamina Training and Consulting
- Mendukung tim Functional Maintenance Duri dalam pengelolaan untuk keselamatan bekerja atau HSE yang meliputi: inspeksi, verifikasi, validasi, pencatatan, dokumentasi dan pelaporan untuk kendaraan ringan, kendaraan berat (HE), perkakas kerja Kontraktor, proses Lifting & Rigging dan kualitas HSE.
- Memfasilitasi rapat koordinasi (Coordination Meeting) bersama pimpinan lapangan dan HSE officer/representative mitra kerja terkait hasil atau isu-isu HSE dilingkungan kerja.
- Mengkoordinir rapat-rapat keselamatan, seperti Safety Stand Down/Up Meeting, Monthly HSE Meeting, dll.
- Menjadi fasilitator training terkait HSE kepada kru mitra kerja dibawah tim Functional Maintenance Duri
- Pria/Wanita.
- Minimum Pendidikan S1 jurusan Teknik Elektro.
- Minimal 15 tahun pengalaman untuk pekerjaan di bidang pemeliharaan & perawatan atau proyek atau sejenis di industri minyak dan gas bumi. Diutamakan pada sub-bidang kelistrikan tegangan rendah dan menengah.
- Memiliki kemampuan dan pengalaman dalam mengkaji, merencanakan dan mengevaluasi proses pemeliharaan dan perawatan peralatan kelistrikan tegangan rendah (low voltage) dan tegangan menengah (medium voltage) pada surface equipment di fasilitas produksi lapangan WK Rokan.
- Memiliki keterampilan dan literasi komputer, minimal aplikasi Microsoft Office. Diutamakan memiliki kemampuan dalam mengoperasikan aplikasi SAP dan power BI.
- Diutamakan pernah bekerja pada Perusahaan (PHR) dengan perjanjian kerja waktu tidak tertentu (PKWTT) atau perjanjian kerja waktu tertentu (PKWT).
- Memahami praktek kerja selamat di industri minyak dan gas bumi, seperti: Loto, Bekerja Pada Peralatan Listrik, Lifting & Rigging, Hot Work, Bekerja diketinggian, Bekerja diruang terbatas, Penggalian dan sejenis.
- Lokasi Penempatan Duri.
- Posisi ini sebagai Tenaga Kerja Jasa Penunjang (TKJP) PT Pertamina Training and Consulting
- Mendukung tim Functional Maintenance WK Rokan dalam perencanaan, evaluasi dan pelaporan program kerja, kontrak, proyek untuk terlaksananya proses pemeliharaan dan perawatan peralatan kelistrikan tegangan rendah (low voltage) dan tegangan menengah (medium voltage) pada surface equipment dengan optimal, efektif dan efisien.
- Membuat kajian, analisis, memecahkan masalah dan memberikan pengarahan teknis dalam program kerja atau proyek khusus, seperti: Mengimplementasikan UPS battery & switchgear monitoring system, PM Switchgear, Sistem Penangkal Petir & Grounding pada tangki timbun, task force deployment CLSR WK Rokan kelistrikan.
- Bertindak sebagai mentor, trainer dan narasumber pada level pemeliharaan fasilitas produksi minyak dan gas bumi.
- Turut serta mengawasi atau terlibat langsung dalam proses perbaikan (troubleshooting) yang kompleks, kerusakan berulang dan beresiko, sehingga dapat diselesaikan dengan selamat, tepat dan optimal.
- Pria/Wanita
- Mempunyai pengalaman untuk pekerjaan serupa atau sejenis minimal 8 tahun untuk lulusan SMU atau minimal 4 tahun untuk lulusan D3 atau minimal 2 tahun untuk lulusan S1/D4.
- Memiliki keterampilan dan literasi komputer, minimal aplikasi Microsoft Office. Diutamakan memiliki kemampuan dalam mengoperasikan aplikasi SAP.
- Diutamakan pernah bekerja pada Perusahaan (PHR) melalui pihak ketiga (Kontraktor/Vendor) dengan perjanjian kerja waktu tertentu (PKWT).
- Memiliki pengetahuan tentang proses pemeliharaan dan perawatan, serta praktek kerja selamat.
- Lokasi penempatan Duri/Minas
- Posisi ini sebagai Tenaga Kerja Jasa Penunjang (TKJP) PT Pertamina Training and Consulting
- Mendukung tim Maintenance Mechanical & Gas South dalam pengelolaan data perawatan & pemeliharaan yang meliputi: equipment, work order, suku cadang, perkakas, PTKA, DIFA, FRACAS, dll.
- Membantu dalam hal penjadwalan, eksekusi, penyelesaian & pelaporan aktivitas pemeliharaan & perawatan peralatan mechanical yang meliputi harian, mingguan dan bulanan.
- Menjalankan fungsi SAP Pooler dalam hal pembuatan, penyelesaian dan pelaporan Release Order (RO), Service Acceptance (SA/SE) dan Service Requisition (SR) di aplikasi SAP.
- Pria/Wanita
- Pendidikan S1 dengan pengalaman minimal 2 tahun atau minimal lulusan D3 dengan pengalaman terkait minimal 5 tahun atau minimal lulusan SMA/sederajat dengan pengalaman terkait minimal 13 tahun.
- Memiliki Sertifikat AK3U / AK3 Migas
- Berpengalaman dalam B3 Waste Handling Management
- Menjalankan pekerjaan profesional dengan pengawasan yang searah dengan dengan tujuan kelompok, kebutuhan pelanggan, dan proses kerja di tim masing- masing, atau membantu profesional yang lebih senior untuk mengembangkan berbagai solusi.
- Mampu untuk menginterpretasikan data untuk pelaporan dan keputusan
- Lokasi penempatan Duri
- Posisi ini sebagai Tenaga Kerja Jasa Penunjang (TKJP) PT Pertamina Training and Consulting
- Melakukan pengawasaan / koordinir kegiatan HSSE untuk seluruh fasilitas EFO ( Minas, Kotabatak, Duri, Balam )
- Melakukan pengawasaan / koordinir kegiatan HSSE untuk seluruh kontraktor under team EFO
- Pria/Wanita
- Persyaratan pendidikan minimal lulusan D3 sesuai jurusan yang dibutuhkan, dengan pengalaman minimum 12 tahun; atau S1/D4 sesuai jurusan yang dibutuhkan, dengan pengalaman minimum 4 tahun.
- Ketrampilan aplikasi komputer lebih mendalam/advance seperti MSOffice (PowerPoint, Word, Excel) dan Formula excel (e.g. Vlookup, Pivot).
- Kerjasama tim dan komunikasi: bekerja secara efektif dengan rekan kerja untuk mencapai tujuan tim. Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis dalam bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.
- Lokasi penempatan Duri
- Posisi ini sebagai Tenaga Kerja Jasa Penunjang (TKJP) PT Pertamina Training and Consulting
- Pengetahuan yang lebih mendalam mengenai Invoice proses seluruh kontrak di bawah pengawasan EFO Non HIS
- Memahami dan melakukan input data ke dalam aplikasi spesifik (SAP, CCMS) terkait dengan proses Invoice EFO Non HIS
- Manajemen data dan laporan keuangan yang berkaitan dengan Invoice proses EFO Non HIS
- Bertanggung jawab untuk memelihara berbagai korespondensi, catatan, dan berkas yang berhubungan dengan Kontrak EFO / Confidential data
- Pria/Wanita
- Warga Negara Indonesia
- Pendidikan minimal lulusan D-3
- Jurusan Ekonomi (Akuntansi, Perpajakan, dsb), Manajemen, Hukum, Ilmu Komunikasi, IT, Teknik Industri dan Event Organizer
- Usia maksimal 24 tahun
- Menguasai Microsoft Office (Microsoft Excel, Microsoft Word, Microsoft Power Point)
- Menguasai Bahasa Inggris (minimal pasif)
- Menguasai komunikasi dan koordinasi yang baik
- Mampu bekerjasama dalam tim dan individu
- Berkelakuan baik, bebas narkoba dan tidak pernah dipidana penjara (Lampirkan SKCK)
- Sehat jasmani dan rohani
- Lokasi penempatan: Jakarta
- Menguasai Microsoft Office (Microsoft Excel, Microsoft Word, Microsoft Power Point)
- Menguasai Bahasa Inggris (minimal pasif)
- Menguasai komunikasi dan koordinasi yang baik
- Mampu bekerjasama dalam tim maupun individu
- Pria/Wanita.
- Pendidikan minimal S1 Semua jurusan
- Memiliki pengalaman 7 tahun kemampuan organisasi, Change Management dan komunikasi
- Memilki kemampuan yang baik di kantor Microsoft
- Memiliki kemampuan yang baik dalam komunikasi dan presentasi
- Memiliki pengalaman di konsultan
- Memiliki pengalaman di perusahaan Oil dan Gas.
- Lokasi penempatan Riau
- Posisi ini sebagai Tenaga Kerja Jasa Penunjang (TKJP) PT Pertamina Training and Consulting
- catatan: wajib mundur CV
- Intinya kegiatan rutin/operasional dan membantu memberikan solusi penyelesaian masalah untuk pelaksaan aktivitas OC / pengembangan Rokan
- Mendukung kegiatan rutin/operasional dan membantu memberikan solusi pemecahan masalah untuk perencanaan tenaga kerja aktivitas di Rokan
- melakukan kegiatan rutin/operasional dan membantu memberikan solusi pemecahan masalah terkait evaluasi untuk pelaksanaan kegiatan HC
- C OC database – organisasi dan MPP
- Laporan Mingguan HC OC
- Pria/Wanita
- Pendidikan Paramedis dan bidang Medis lainnya (diutamakan S1 Keperawatan)
- Diutamakan yang mempunya pengalaman minimal 2 Tahun di bidang yang sama sebagai callcenter, verifikator dan provider relation
- Usia maksimal 35 tahun
- Dapat mengoperasikan Microsoft office (minimal excel, word dan ppt)
- Memiliki komunikasi dan attitude yang baik
- Bersedia melakukan upskilling baik softskill maupun product knowledge
- Dapat bekerjasama dalam tim
- Bersedia bekerja harian/shift
- Berorientasi pada target
- Mengerti pekerjaan verifikator, call center, provider relation
- Memiliki analisa yang baik
- Terbiasa bekerja mandiri & di bawah tekanan atau multitasking
- Terbiasa membuat laporan dan presentasi
- Lokasi penempatan Jakarta Pusat
- Posisi ini sebagai Tenaga Kerja Jasa Penunjang (TKJP) PT Pertamina Training and Consulting
Deskripsi Pekerjaan (Job Description) :
- Melakukan mapping peserta dan provider di suatu wilayah
- Melakukan kredentialing (penilaian) suatu provider untuk Kerjasama baru
- Melakukan re-kredentialing (penilaian ulang) suatu provider untuk perpanjangan Kerjasama
- Merencanakan dan melaksanakan pekerjaan dari awal mapping provider sampai dengan pelayanan Kesehatan provider serta monitoring selama Kerjasama
- Membuat laporan atas pekerjaan
- Membuat usulan dan melakukan pertemuan (offline/online) kepada provider
- Berkoordinasi dengan fungsi lain terkait pekerjaan inti