Cara Mengirim Surat Lewat Pos
Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman, perihal jasa pengiriman PT. Pos Indonesia.
Pengalaman saya ketika melamar pekerjaan, mengharuskan beberapa
perusahaan meminta berkas – berkas lamaran para Pencari kerja
(jobseeker) harus dikirimkan langsung. Salah satunya ialah ketika saya
apply lamaran di salah satu Rumah sakit di Jawa Tengah. Disini saya
menggunakan jasa Pos Indonesia sebagai kurir pengiriman dokumennya.
pengiriman barang, dokumen dan paket yang paling tua di Indonesia yang
dikelola oleh pemerintah. Jangkauan yang luas hingga mencakup area
terpencil, harga yang murah bersahabat serta kualitas layanannya yang
cukup baik membuat siapa saja tetap menggunakan jasa di tempat ini
ditengah gempuran perusahaan jasa ekspedisi yang banyak bermunculan.
bagi terkait dengan cara pengiriman dokumen / surat – surat di Kantor
Pos :
1. Packing Dokumen
Packing dokumen untuk dikirimkan di PT. Pos Indonesia |
Seperti yang sudah saya jelaskan diatas dokumen yang akan saya kirim
ialah berkas lamaran pekerjaan. Anda siapkan dan anda masukkan map folio
atau amplop besar ukuran kertas hvs.
Jangan lupa untuk mencantumkan idnetitas pengirim dan identitas penerima
di depan amplop coklat tersebut. Boleh ditulis tangan atau kalau saya
ketik lalu print dan terakhir menempelkan ke bagian sudut amplop.
Ilustrasinya bisa anda cek di bawah ini.
2. Perkirakan Biaya Ongkos Kirim
memperkirakan biaya ongkos kirimnya. Silahkan kunjungi website Pos
Indonesia di www.posindonesia.co.id.
Cek ongkos kirim di website PT Pos Indonesia I |
Di bagian hitung tarif pengiriman input wilayah asal pengiriman, wilayah
tujuan serta berat dalam gram (bisa dikira – kira saja atau
kondisional). Lalu klik tombol Cek Tarif. Secara otomatis akan terbuka halaman baru yang menampilkan ongkos kirim sesuai dengan paket layanan pengiriman yang tersedia.
Cek ongkos kirim di website PT Pos Indonesia II |
3. Datang ke Kantor Pos Terdekat
menyiapkan uang yang cukup, anda datang ke kantor Pos terdekat dengan
posisi anda berada. Ambil nomor antrian dan jika sudah dipanggil serah
dokumen anda tersebut ke petugas Pos terkait (Customer Service / CS).
CS akan menimbang berat dokumen dan menginputkan data – data pengiriman.
Lalu CS akan menginfokan berat dokumen dalam gram dan biaya ongkos
kirimnya.
kilat, express, reguler maupun metode pengiriman lainnya. Pengiriman
paket ini biasanya disesuaikan dengan layanan yang tersedia dengan
alamat tujuan penerima. Setelah anda bayar ongkos kirimnya, anda akan
menerima secuil form terkait dengan data bukti pengiriman beserta nomor
resi nya.
4. Tracking Dokumen Dengan Resi Pengiriman
pengiriman, anda bisa melakukan cek atau tracking melalui website www.posindonesia.co.id.
Inputkan nomor resi pengiriman anda ke dalam form yang tersedia lalu
klik tombol cari pengiriman. Kalau di kertas form pengiriman tertera
pada Nomor Barcode. Contohnya sebagai berikut :
Contoh 1 – Bukti Fisik Lembar Resi Pengiriman di PT Pos Indonesia |
Contoh 2 – Bukti Fisik Lembar Resi Pengiriman di PT Pos Indonesia |
Pelacakan resi pengiriman di website PT. Pos Indonesia |
Dan hasil pelacakan nomor resinya sebagai berikut.
Hasil pelacakan nomor resi PT. Pos Indonesia |
Terkadang perihal pengiriman untuk barang – barang tertentu mewajibkan
anda mengasuransikannya dan menggunakan packing tertentu. Biasanya hal
ini akan dipertimbangkan CS kantor pos dan dikomunikasikan ke anda
terlebih dahulu ketika berada di kantor pos. Sekian tulisan dari saya
ini semoga bermanfaat.