10 Hal Yang Tidak Ada Yang Tahu Tentang Mitsubishi Lancer Evo
Mitsubishi Lancer Evolution adalah salah satu sedan sport paling ikonik sepanjang masa, sama-sama mampu di jalan raya, trek, dan panggung reli.
Selama bertahun-tahun, pembuat mobil Jepang telah merilis bagian yang adil dari kendaraan yang benar-benar simbolis. Meskipun dijauhi oleh para kritikus ketika model pertama dipasarkan, mobil-mobil ini telah meningkat dari waktu ke waktu untuk menjadi pesaing serius mobil Jerman dan Amerika.
Lancer Evo adalah salah satu sedan sport Jepang paling populer yang pernah dibuat. Alhasil, Evo menjadi salah satu mobil Jepang yang bernilai tinggi saat ini . Berkat beberapa keberhasilan dalam balap profesional dan kapasitas untuk berubah menjadi pembunuh Corvette, cukup normal bahwa Lancer Evo menjadi kendaraan Mitsubishi yang paling populer.
Lancer Pertama
Pada awal 1970-an, pembuat mobil di Eropa dan Amerika keluar dengan beberapa mobil sport yang paling kuat dan menarik. Sementara produsen mobil barat memperkuat reputasi masing-masing sebagai perusahaan mobil yang sah, pembuat mobil Jepang berusaha keras untuk membuktikan bahwa mereka berasal dari klub yang sama.
Pada awal 1970-an, pembuat mobil di Eropa dan Amerika keluar dengan beberapa mobil sport yang paling kuat dan menarik. Sementara produsen mobil barat memperkuat reputasi masing-masing sebagai perusahaan mobil yang sah, pembuat mobil Jepang berusaha keras untuk membuktikan bahwa mereka berasal dari klub yang sama.
Lancer GSR 1600 bisa menjadi salah satu mobil paling sakit yang pernah dibuat Jepang . Sang “King of Cars” mampu menghasilkan 169 hp berkat mesin 1.6L 4G32 4 silinder, bersama dengan bobotnya yang ringan, Mitsubishi memiliki kombo pembunuh yang memenangkan Safari Rally of Kenya beberapa kali berturut-turut.
Lancer Paling Hit Didunia Pertama
Sementara versi Lancer sebelumnya menerima sambutan yang dikurangi, versi yang lebih baru mulai menarik perhatian para penggerak dari Amerika Utara dan Eropa. Di Eropa, di mana peraturannya cukup ketat, mesin yang lebih kecil namun bertenaga adalah nama permainannya.
Sementara seluruh dunia memiliki Lancer yang cukup suam-suam kuku, pasar Eropa dianugerahi Lancer EX 2000 Turbo. Monster tahun 80-an ini membanggakan mesin 2.0L 4G63T 4 silinder turbocharged yang mampu menghasilkan 168 hp. Lancer ini mengukuhkan reputasi Mitsubishi dan Lancer-nya di pasar Eropa.
Lancer Evo Listrik
Pada tahun 2020, sulit menemukan produsen mobil yang tidak serius mempertimbangkan produksi mobil baik hybrid maupun listrik. Dipicu oleh perubahan iklim dan kekuatan pasar, kendaraan listrik menjadi semakin populer. Namun, mobil listrik dan hibrida tidak dimulai dengan Prius dan Model S.
Lancer Evo MIEV adalah keajaiban teknologi sejati yang sayangnya terlalu dini untuk zamannya. Dilengkapi dengan empat motor di roda, Evo listrik yang luar biasa ini menghasilkan 268 hp di kemudi. Mampu melaju dari 0 hingga 60 mph dalam waktu kurang dari 8 detik, Evo MIEV ini benar-benar ibu dari semua Evo. Namun karena jangkauan yang terbatas, mobil tersebut tidak pernah diproduksi secara massal.
Di luar Amerika Utara, kebanyakan orang di dunia tahu cara mengemudikan tongkat persneling. Ini bukan ilmu roket, dan sering kali akan memberikan pengalaman berkendara yang jauh lebih hidup. Namun, karena sebagian besar orang Amerika Utara tampaknya memiliki masalah dalam melepas kopling dan memindahkan gigi sambil mengawasi jalan, pembuat mobil asing harus beradaptasi.
Evo VII GT-A terlihat seperti Evo khas Anda. Dilengkapi dengan mesin 2.0L 4G63 4 silinder yang biasa ditemukan pada Evos dari generasi yang sama, satu-satunya perbedaan adalah tidak adanya gearbox manual. Gearbox otomatis dilengkapi dengan paddle shifter, yang lebih baik daripada tidak sama sekali. Tak perlu dikatakan, output daya GT-A tidak sehebat Evos manual lainnya.
Boombox
Ketika melihat beberapa sedan sport yang diproduksi di Jerman atau Amerika, orang dapat dengan mudah mengatakan bahwa versi top-line sering menyertakan beberapa fitur terbaik. Dari kursi pijat hingga sistem suara Dolby-surround ditambah dengan layar IMAX, mobil-mobil ini memiliki sistem hiburan yang luar biasa.
Sangat umum untuk melihat Bose dan Harman-Kardon di kendaraan saat ini. Bahkan, biasanya itu adalah tanda bahwa mobil dilengkapi dengan beberapa opsi kelas atas. Mitsubishi melompat ke kereta musik mewah dan melengkapi Evo X MR Premium dengan server musik 30GB, serta sistem suara Rockford-Fosgate 650W.
Wagon Evo
Seiring waktu, pembuat mobil di seluruh dunia telah memberikan mobil paling populer mereka beberapa facelift yang menarik. Dodge, misalnya, membawa kembali Charger sebagai sedan. Pada akhir 1990-an, Nissan merilis sedan empat pintu Skyline GT-R. Mitsubishi pun tak ketinggalan mengikuti tren yang sama.
Wagon Evo IX dilengkapi dengan mesin 2.0L 4G63 4 silinder yang sama persis dengan sedan Evo IX. Dengan output daya 287 hp, Evo IX adalah kendaraan bertenaga yang layak. Apa yang membuat versi wagon benar-benar istimewa adalah kenyataan bahwa hanya 2.500 unit yang pernah diproduksi.
Fast And Furious
Waralaba Fast And Furious masih populer hingga saat ini. Meskipun sama sekali tidak terkait dengan balap bawah tanah, film-film baru masih menarik cukup banyak orang. Padahal, aman untuk mengatakan bahwa film Fast And Furious sebelumnya juga agak menipu.
Sudah diketahui bahwa Fast And Furious cenderung menarik penontonnya dengan cepat. Memasang mesin SR20DET di ruang mesin Mustang? Silahkan. Nah, ini bukan di mana omong kosong berakhir. Lancer Evo IX yang digambarkan dalam film benar-benar adalah Lancer Evo VIII. Bukannya itu penting bagi pemirsa, tetapi mungkin menggiling persneling kepala bensin yang keras.
Ralliart – Tommi Makinen
Untuk sebagian besar gearheads dengan rekening bank yang nyaman di luar sana, mobil sport edisi khusus adalah satu-satunya mobil yang layak untuk dipertimbangkan. Akibatnya, adalah umum untuk menghadiri pertemuan mobil populer seperti Cars and Coffee dan menemukan beberapa mobil paling unik yang pernah dibuat.
Edisi khusus adalah yang terbaik. Meskipun Lancer Evo VI adalah kendaraan yang sangat menakjubkan, versi Ralliart yang dijual di Inggris sejauh ini merupakan kendaraan Mitsubishi terbaik yang dirilis tahun itu. Berkat upgrade buatan pabrik, mesin 2.0L 4 silinder menghasilkan 345 hp. Mobil ini juga dilengkapi dengan beberapa pernak-pernik lainnya, seperti jok Recaro dan bumper depan yang lebih sporty. Praktis tidak mungkin menemukan edisi Evo VI Tommi Makinen asli dengan harga kurang dari $29,000 .
Memiliki Mesin Terbaik
Praktis tidak mungkin sebuah mobil menjadi ikon tanpa mesin yang hebat di bawah kapnya. Sederhananya, 99% penggemar mobil asli akan tahu siapa yang memproduksi mesin 2JZ-GTE atau S52. Mereka akan tahu hanya karena mesin luar biasa ini ditemukan di beberapa mobil terbaik yang pernah dibuat.
Lancer Terakhir
Ada kalanya pembuat mobil tampaknya kehilangan plot. Kembali pada tahun 2002, Chevrolet benar-benar lupa bagaimana memproduksi Camaro yang terhormat dan menyerah. Mobil tidak memuaskan. Itu tidak bisa melawan kompetisi. Evo terbaru tampaknya mengikuti jalur yang sama dengan Camaro generasi keempat.
Meskipun ada beberapa masalah mencolok dengan Mitsubishi yang diabaikan semua orang , Evo terakhir gagal memenuhi harapan Mitsubishi. Penjualan pasti rendah. Apalagi Mitsubishi pasti merasakan angin berubah arah. Akibatnya, Evo adalah sesuatu dari masa lalu. Mitsubishi harus benar-benar mempertimbangkan untuk merilis versi terbaru dari MIEV.